[LOCAL LOGO 1] FUSILKOM: FakUltaS ILmu KOMputer
Universitas Indonesia
[LOCAL LOGO 2]
WHAT's NEW | HOME | vv BOTTOM vv | NEXT>>>

Peranan Unversitas Indonesia

Universitas Indonesia telah, sedang, dan akan terus menerus secara aktif melakukan diseminasi, pemanfaatan, dan pengembangan teknologi komputer melalui Pusat Ilmu Komputer (PUSILKOM UI) dan Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM UI). Fakultas Ilmu Komputer yang pertama ini merupakan pengakuan atas keberadaan Ilmu Komputer sebagai suatu disiplin ilmu mandiri, dan atas keberhasilan Universitas Indonesia dalam menyebarluaskan, memanfaatkan, dan mengembangkan Ilmu Komputer, yang sering juga disebut sebagai Informatika, di Indonesia.

<<<PREV | ^^TOP^^ | NEXT>>>

Sejarah

Dalam kurun waktu 1970-1972, teknologi komputer baru mulai diperkenalkan di Indonesia, perguruan tinggi menjadi sasaran utama untuk penyebarluasannya. Salah satu dosen yang pertama menggeluti teknologi komputer adalah Indro S. Suwandi PhD, dosen Fakultas Kedokteran UI. Almarhum setelah mendirikan PUSILKOM UI, kemudian dikenal sebagai salah satu tokoh terkemuka yang memperkenalkan teknologi ini, baik di kalangan perguruan tinggi maupun industri.

Pada masa perintisan (1972-1975) PUSILKOM UI dengan modal semangat dan idealisme berusaha untuk eksis dengan mengolah ujian masuk UI, memberikan konsultasi, serta kuliah-kuliah. Pada masa ini pula mulai dikirim 2 staf PUSILKOM UI ke Amerika Serikat untuk studi lanjutan. Dari Ford Foundation diterima pula bantuan berupa 2 buah mesin punch.

Pada masa perjuangan (1975-1986) PUSILKOM UI memperoleh suatu gedung berlantai 3 di kampus Salemba, yang sampai saat ini masih dipergunakan secara aktif. Selain mulai terlibat secara mendalam dalam ujian bersama SKALU, berbagai kegiatan konsultasi dan layanan teknologi mulai digeluti secara lebih serius. Pada ini dikirim lagi 4 orang staf untuk studi lanjut ke Amerika Serikat.

Pada masa pengembangan (1986-1993) PUSILKOM UI ditunjuk oleh Depdikbud sebagai salah Pusat Antar Universitas (PAU) dalam bidang Ilmu Komputer. Selain berbagai peralatan laboratorium mutakhir dapat diadakan, pengiriman staf ke luar negeripun dapat dilakukan dalam jumlah lebih besar. Pada masa ini pula PUSILKOM UI mulai ditugasi untuk mengelola Program Studi Ilmu Komputer untuk jenjang S-1 pada 1986, dan program studi yang sama untuk jenjang S-2 pada tahun 1988. Pada tahun 1990 kedua program studi ini mulai menghasilkan Sarjana dan Magister.

Masa tinggal landas (1993-sekarang) ditandai dengan diresmikannya Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) oleh Mendikbud. Pada tahun yang sama melalui persaingan ketat PUSILKOM UI terpilih sebagai pemenang untuk memperoleh Hibah Pengembangan Unit (Center Grant) dari 135 usulan yang masuk. Hibah ini merupakan model pendanaan investasi bersaing yang pertama diperkenalkan Depdikbud melalui Proyek URGE. Kemudian pada tahun 1997 FASILKOM terpilih sebagai pemenang peringkat pertama dalam kompetisi untuk memperoleh hibah dari Proyek QUE (Quality for Undergraduate Education), menyisihkan 313 usulan lain yang diajukan. Hibah ini bernilai US$ 2.0 juta selama kurun waktu 5 tahun (1998-2002).

<<<PREV | ^^TOP^^ | NEXT>>>

Visi dan misi

Dwi tunggal, FASILKOM UI dan PUSILKOM UI, mempunyai visi untuk menjadi institusi pendidikan dan penelitian unggulan di Indonesia, bahkan cukup diperhitungkan pada fora internasional. Dwi tunggal ini mengemban misi untuk mencapai keunggulan dalam kegiatan-kegiatan pendidikan dan penelitian, serta memprakarsai penerapan teknologi komputer secara tepat guna dan ekonomis pada berbagai proses pembangunan.

Pencapaian visi dan misi tersebut bukanlah hal yang mudah. Walaupun demikian, dengan pengelolaan yang didasari keinginan untuk senantiasa melakukan yang terbaik dalam kebersamaan dan kesejawatan, misi dan visi tersebut akan dapat dicapai. Kegiatan-kegiatan di bawah ini dilakukan dalam upaya mencapai misi dan visi tersebut di atas.

<<<PREV | ^^TOP^^ | NEXT>>>

Pendidikan

FASILKOM merancang kegiatan akademis yang terpadu antara Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat. Semua sumber daya dikerahkan untuk menunjang trisula kegiatan akademis tersebut. Hal ini terwujud dalam bentuk berbagai program pendidikan yang ditawarkan.

Saat ini, FASILKOM telah menyelenggarakan Program Sarjana, Program Pra-pasca, Program Pascasarjana, dan Program Pengembangan Profesi dalam bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Keragaman program pendidikan yang ditawarkan menggambarkan komitmen FASILKOM untuk mengakomodasikan kebutuhan masyarakat akan perlunya pengetahuan tentang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.

Program Sarjana

Kurikulum untuk Program Sarjana Ilmu Komputer dirancang sedemikian rupa sehingga terdapat keseimbangan antara teori dan praktek dengan penekanan pada relevansi kebutuhan masyarakat yang dinamis. Sarjana lulusan FASILKOM dipersiapkan untuk menjadi tenaga profesional di bidang Komputer, dan juga dapat melanjutkan ke jenjang studi yang lebih lanjut untuk menjadi seorang ilmuwan dalam bidang Ilmu Komputer.

Komposisi dosen berdasarkan kualifikasi akademik adalah S-3 44% (12 orang), S-2 40% (11 orang), dan S-1 16% (4 orang). Jumlah lulusan sampai dengan Desember 1997 berjumlah 146 Sarjana Ilmu Komputer. Survey alumni yang dilakukan pada 1996 menunjukkan bahwa 67% lulusan bekerja sendiri (self employed), dengan tingkat rata-rata gaji pertama Rp 800.000. Jumlah mahasiswa jenjang S-1 pada 1997 berjumlah 350 orang, yang dalam kurun waktu 3 tahun akan ditingkatkan menjadi 500-600 orang.

Program Pra-pascasarjana

Program pra-pascasarjana diperuntukkan kepada para calon mahasiswa, yang bukan Sarjana Ilmu Komputer, dan ingin melanjutkan ke program Magister Ilmu Komputer. Dasar-dasar Ilmu Komputer diajarkan selama lebih kurang setahun. Program ini mulai ditawarkan sejak 1995 dan telah diikuti oleh 71 orang.

Program Pascasarjana

Program Magister Komputer yang telah mulai diselenggarakan pada 1988 ini bertujuan membekali para mahasiswa dengan pengetahuan dan kecakapan yang memungkinkan mereka menjadi ahli dalam bidang komputer. Program Magister Komputer mempunyai dua bidang kekhususan (spesialisasi): Ilmu Komputer, dan Teknologi Informasi. Sampai saat ini telah diluluskan 76 Magister Ilmu Komputer.

Kekhususan Ilmu Komputer mengarahkan mahasiswanya untuk menjadi dosen dan/atau peneliti dalam bidang Ilmu Komputer. Diharapkan lulusannya dapat menyelenggarakan penelitian dan pengembangan Ilmu Komputer. Setiap mahasiswa yang mengambil kekhususan ini diwajibkan mengambil topik tesisnya yang berkaitan dengan salah satu proyek penelitian yang sedang berlangsung yang dilakukan oleh dosen FASILKOM.

Kekhususan Teknologi Informasi baru mulai ditawarkan sejak 1996 dan menekankan pada pengembangan profesi serta manajerial dalam menangani Teknologi Informasi. Dalam kuliah, mahasiswa dihadapkan dengan berbagai studi kasus (case studies) dalam penanganan Teknologi Informasi di berbagai organisasi bisnis.

Sementara itu telah dirancang program jenjang S3 yang direncanakan akan mulai dibuka dalam waktu yang tidak lama lagi.

Program Pengembangan Profesi

Program ini khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia profesional dalam bidang Teknologi Informasi. Program ini ditawarkan secara reguler dalam periode waktu-waktu tertentu. Peserta program ini akan dibekali dengan wawasan profesionalisme, dan peningkatan ketrampilan teknis dalam bidang Teknologi Informasi.

<<<PREV | ^^TOP^^ | NEXT>>>

Penelitian

Untuk tetap dapat mengikuti perkembangan riset mutakhir telah dibentuk beberapa kelompok peneliti yang memfokuskan diri pada bidang-bidang kekhususan ilmu komputer. Bidang kekhususan ilmu komputer yang dicakup meliputi: sistem waktu nyata, komputasi berkinerja tinggi, sistem informasi, pembelajaran berbantuan komputer, grafika komputer dan pengolahan citra, serta metode formal dalam rekayasa perangkat lunak.

Program riset dilaksanakan dengan memprioritaskan riset-riset yang terkait dengan dua kegiatan lainnya yaitu: pendidikan dan pelayanan teknologi. Riset dikaitkan dengan program pendidikan, terutama untuk tingkat pascasarjana, dalam bentuk riset yang diterapkan sebagai tesis atau proyek, sedangkan riset yang dikaitkan dengan kegiatan pelayanan teknologi diterapkan dalam bentuk kerja sama dengan pihak industri atau institusi-institusi lain di dalam dan di luar negeri.

Dosen-dosen pada Fakultas Ilmu Komputer dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini (1995-1997) telah berhasil memperoleh hibah penelitian dari berbagai kompetisi yang diselenggarakan pemerintah, antara lain RUT (3 buah), URGE (5 buah), dan Hibah Bersaing (1 buah), serta kerjasama dengan pemerintah Belanda URGE-KNAW (1 buah), dengan nilai total lebih dari Rp. 3 milyar. Nisbah dosen / proyek penelitian adalah 2.7, sehingga praktis setiap dosen terlibat dalam kegiatan penelitian yang berkualitas tinggi. Dalam keterkaitannya antara kegiatan riset dan pendidikan dari proyek-proyek penelitian di atas telah dihasilkan 9 tesis S2. Dalam usaha mengaitkan kegiatan riset dengan pelayanan teknologi telah berhasil dijalin 7 proyek kerja sama dengan pihak industri di dalam dan luar negeri.

<<<PREV | ^^TOP^^ | NEXT>>>

Layanan Ilmu dan Teknologi Komputer

Komitmen Fasilkom dalam mengemban Dharma ke tiga pengabdian pada masyarakat tercermin dalam berbagai kegiatan layanan yang diberikannya. Layanan tersebut dapat berupa kegiatan seminar, pelatihan, dan tutorial. Disamping itu, Fasilkom memberikan layanan berupa pembuatan perencanaan strategis teknologi informasi, perancangan sistem informasi, dan pengembangan aplikasi khusus untuk suatu organisasi.

Berbagai organisasi telah pernah menjalin kerja sama dengan Fasilkom / Pusilkom seperti PT. Krakatau Steel, PT. Vico, Federal Motor Astra, PT. Multi Eka Karma, Departemen Perhubungan, Dirjen Kebudayaan, PLN. Disamping itu juga sudah dijalin kerjasama dengan industri teknologi komputer, seperti Sun Microsystem Inc., Novell Inc., Lotus International, dan Oracle Inc. Kegiatan pelayanan ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa Fasilkom untuk mendapatkan pengalaman berkerja secara nyata dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan selama kuliah.

<<<PREV | ^^TOP^^
[LOCAL LOGO 1] Copyright © 1997-2004 vLSM.org . Provided AS-IS with no LIABILITY. Permission is granted to copy, distribute, and/or modify this webpage provided this notice is preserved. MIRRORS of this site: PadiNET - Fusilkom-UI. File revision: 9.1 2003/03/13 -- E-CONTACT. Special thanks for this webspace provider. [LOCAL LOGO 2]