p a n d u a n   c a r a   p e n g g u n a a n

CD-ROM ‘TEKNOLOGI TEPAT GUNA’

 

Internet Explorer

 

Sebagai program informasi berbasiskan HTML, memahami cara penggunaan internet browser dalam menggunakan CD-ROM ‘Teknologi Tepat Guna’ ini menjadi suatu sarat yang amat vital. Adapun karena tidak semua fungsi dalam Internet Explorer akan kita gunakan, maka berikut ini kami berikan penjelasan fungsi dari tombol-tombol pada Internet Explorer yang akan akan sering digunakan saja.

 

 

Back [  ]

Tombol ini berguna untuk membuka kembali halaman HTML yang sebelumnya dibuka oleh kita.

 

Next [  ]

Tombol ini berguna untuk membuka kembali halaman HTML yang aktif, tapi kemudian menjadi tidak aktif karena kita menekan tombol ‘back’.

 

Stop, Refresh, Home [  ]

Tombol dengan lambang ‘x’ adalah tombol ‘Stop’, berfungsi untuk menghentikan proses loading content. Tombol selanjutnya yaitu tombol dengan lambang panah berputar adalah tombol refresh, berfungsi untuk menload ulang seluruh content HTML yang sedang aktif.

 

Adobe Acrobat Reader

 

Dalam proses menggunakan CD-ROM ini, dapat dipastikan bahwa anda akan berjumpa dengan tombol-tombol seperti di bawah ini.

Tombol-tombol ini adalah user interface mini dari Adobe Acrobat Reader yang diselipkan ke dalam Internet Explorer.

 

 

Adapun dalam rangka memudahkan anda dalam membaca seluruh artikel-artikel ‘Teknologi Tepat Guna’ yang tersedia dalam CD-ROM ini, tidaklah dibutuhkan pemahaman menyeluruh akan fungsi-fungsi setiap tombol yang ada. Anda cukup mengetahui sekilas tetntang fungsi-fungsi tombol berikut ini:

 

Pan dan Zoom [   ]

Pan yang dilambangkan dengan tangan ini berguna untuk menggeser page yang sedang anda lihat. Caranya klik pada tombol ini sehingga tombol ini terlihat aktif. Kemudian klik (jangan dilepas) pada page yang anda sedang buka dan gerakan mouse anda, maka page akan bergerak sesuai gerakan mouse anda. Setelah page terlihat sesuai dengan apa yang anda harapkan. Lepas mouse button-nya.

Zoom yang dilambangkan kaca pembesar digunakan untuk memperbesar atau memperkecil ukuran penglihatan kita terhadap page yang sedang aktif. Bila bertanda ‘+’ maka akan memperbesar bila kita klik. Untuk memperkecil tekan dulu: ‘Alt’ maka bentuk ‘+’ akan berganti ‘-’ lalu klik (dengan tombol ‘Alt’ masih ditekan), maka page akan mengecil.

 

View Navigation [  ]

Kedua panah ini berfungsi untuk melihat tampilan sebelum dan sesudah tampilan yang sedang aktif. Panah ke kiri untuk melihat view sebelumnya. Panah ke kanan untuk melihat view sesudahnya.

 

Page View Navigation [  ]

Tombol paling kiri berfungsi untuk menuju ke page (halaman) paling awal. Tombol kedua dari kiri adalah tombol untuk melihat page sebelumnya dari page yang sedang aktif. Tombol kedua dari kanan adalah tombol untuk melihat page selanjutnya dari page yang sedang aktif. Tombol yang paling kiri berfungsi untuk melihat page yang paling akhir.

 

Navigation Panel Toggle [  ]

Tombol ini digunakan untuk menampilkan daftar isi dari keseluruhan isi artikel. Untuk menutup daftar isi, klik lagi pada tombol ini.

 

Zoom Percent [  ]

Tombol ‘-’ digunakan untuk menjauh atau zoom-out dari page dengan mengubah nilai persentase dari nilai zoom. Tombol ‘+’ adalah kebalikannya, digunakan untuk mendekat atau zoom-in.  !00% berarti page yang kita lihat sesuai dengan ukuran yg sebenarnya. 50% berarti setengahnya. 200% berarti dua kalinya. Semakin besar nilai persentase semakin dekat kita melihat pagenya.

 

Page Fit  [  ]

Ketiga tombol di atas digunakan untuk mengatur Kecocokan page yang kita lihat dengan luas window. Tombol yang paling kiri kita gunakan untuk melihat page dengan ukuran yang sebenarnya. Tombol tengah digunakan untuk membuat seluruh page muat kedalam ukuran window yang kita gunakan. Tombol paling kanan digunakan untuk mencocokan ujung kiri dan kanan ukuran page dengan ukuran window yang kita gunakan.

 

Rotate View [  ]

Tombol di atas digunakan untuk memutar orientasi page (halaman) yang sedang kita lihat.